Sejarah Singkat Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia

Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI) adalah perguruan tinggi kedinasan di lingkungan Kementerian Perhubungan Republik Indonesia yang memiliki tugas pokok pelaksanaan/menyelenggarakan program pendidikan profesional di bidang penerbangan.

Kampus STPI terletak di dalam komplek Bandar Udara Budiarto. Memiliki lahan dengan luas kurang lebih 545 Ha, dan menempati 4 daerah yaitu Serdang Wetan, Rancagong, Kemuning, dan Palasari di kecamatan Legok, kewedanan Curug, kabupaten Tangerang, Propinsi Banten.

Berawal dari Akademi Penerbangan Indonesia (API) yang didirikan tanggal 1 juni 1952 di Gempol, Kemayoran Jakarta. Seiring dengan perkembangan teknologi penerbangan, dan kebutuhan industri penerbangan, API beberapa kali mengalami perubahan baik nama maupun statusnya antara lain:

  1. Tahun 1954 : API pindah ke Curug – Tangerang.
  2. Tahun 1969 : API berubah nama menjadi Lembaga Pendidikan Perhubungan Udara (LPPU) di bawah Direktorat Jenderal Perhubungan Udara.
  3. Tahun 1978 : LPPU berubah nama menjadi Pendidikan dan Pelatihan Penerbangan (PLP) di bawah Badan Pendidikan dan Pelatihan Perhubungan.
  4. Tahun 2000 : Tepatnya tanggal 10 Maret 2000, berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 43 Tahun 2010 PLP berubah menjadi Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia yang disingkat menjadi STPI.