Siaran Pers : Kunjungan Kerja Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi dalam Rangka Peninjauan Pendidikan Penerbang STPI Dan Pekerjaan Padat Karya di Bandar Udara Budiarto Curug –

Siaran Pers : Kunjungan Kerja Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi dalam Rangka Peninjauan Pendidikan Penerbang STPI Dan Pekerjaan Padat Karya di Bandar Udara Budiarto Curug

Posted by

Siaran Pers No. 03/Ti/Stpi/02/2018 Tanggal 24 Februari 2018 Tentang Kunjungan Kerja Menteri Perhubungan RI Bapak Budi Karya Sumadi Dalam Rangka Peninjauan Pendidikan Penerbang STPI Curug Dan Pekerjaan Padat Karya di Bandar Udara Budiarto Curug, Kabupaten Tangerang – Provinsi Banten.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengunjungi Bandar Udara Budiarto dan STPI dalam rangka meninjau pendidikan penerbang dan launching program padat karya Bandar Udara Budiarto. Menteri Perhubungan tiba di Budiarto pukul 11.15 dengan menggunakan helicopter Bell 429 PK-CAY Balai Besar Kalibrasi.

Menhub beserta rombongan langsung menuju ruang tunggu utama untuk mendengarkan pemaparan oleh Dirjen Perhubungan Udara Agus Santoso terkait program kegiatan padat karya di lingkungan Direktorat Jenderal Perhubungan Udara. Dalam paparannya, beliau menyampaikan bahwa program padat karya ini merupakan follow up perintah Presiden RI pada Nopember 2017, bahwa beberapa hal terkait APBN dialokasikan untuk pekerjaan terkait masyarakat ekonomi bawah yang bisa diberdayakan untuk kegiatan di kementerian-kementerian. Total masyarakat yang diberdayakan oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Udara yaitu sebanyak 12.500 orang, sementara jumlah keseluruhan pekerja yang diberdayakan oleh Kementerian Perhubungan adalah 70.000 orang. Selain itu, kegiatan ini sekaligus menjadi launching kegiatan padat karya di lingkungan Bandar udara dari 153 bandar udara di bawah Direkotorat Jenderal Perhubungan Udara.

Acara dilanjut dengan sambutan Menteri Perhubungan, dalam sambutannya menjelaskan bahwa dana APBN yang diserap oleh Kementerian Perhubungan sebesar 1,2 trilyun rupiah akan dialokasikan untuk kegiatan padat karya di lingkungan Kementerian Perhubungan. Kegiatan yang dilakukan Direktorat Jenderal Perhubungan Udara turut diapresiasi oleh Menhub, dimana kegiatan yang mengangkut supporting terhadap kegiatan-kegiatan bandara sudah cukup baik karena mampu menyerap lebih dari 12.000 orang dalam durasi enam bulan.

Setelah memberikan sambutan, Menteri Perhubungan menuju Flops Penerbang untuk meninjau dan bertatap muka dengan siswa penerbang. Ketua STPI Capt. Novyanto Widadi memberikan penjelasan tentang program upgrading kompetensi lulusan penerbang kepada Menteri Perhubungan, disela-sela acara, Budi Karya Sumadi mengajak siswa penerbang untuk berbincang mengenai lapangan pekerjaan bagi lulusan penerbang. “Profesi ini (pilot) adalah profesi yang saya idolakan, karena seorang pilot mempunyai tanggung jawab yang besar terhadap pekerjaannya” tutur beliau, “namun saya sangat prihatin dengan kondisi lulusan penerbang yang sulit mendapatkan pekerjaan, maka Kementerian Perhubungan akan berusaha untuk membantu para lulusan penerbang melalui peningkatan kompetensi seperti program yang saat ini dilakukan oleh STPI dan Direktorat Jenderal Perhubungan Udara dan saya sangat mengapresiasi” tutupnya. Sebelum bergerak ke lokasi kegiatan berikutnya, Menhub sempat mengikuti joy flight menggunakan pesawat latih multi engine STPI yaitu Piper Seneca dengan registrasi PK-ARW bersama senior instruktur penerbang Capt. Roy Nainggolan yang juga Ketua Jurusan Penerbang dan ditutup dengan foto bersama di Hanggar 1 STPI.

Menteri Perhubungan melanjutkan kegiatan dengan meninjau langsung kegiatan padat karya yang dilaksanakan di Bandar Udara Budiarto. Menhub juga berbincang bersama para pekerja bahkan mencoba langsung untuk terjun ke lokasi pemasangan batu pondasi irigasi air membantu para pekerja. Setelah itu, Menhub pun menyapa seluruh para pekerja yang sedang melaksanakan program padat karya dan kembali menuju ruang tunggu utama untuk beristirahat sejenak serta bersiap melakukan penerbangan kembali menuju Bandara Halim Perdanakusuma.

Cewama Eka Tayai

Unit Teknologi Informatika
Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia
Jl. Raya STPI Curug
phone: 021-598 2204/2205

STPI Curug