Siaran Pers : Kunjungan Komisi V DPR RI Pada Fasilitas Pendidikan Penerbang Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia –

Siaran Pers : Kunjungan Komisi V DPR RI Pada Fasilitas Pendidikan Penerbang Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia

Posted by

Siaran Pers No. 02/TI/STPI/02/2018 Tanggal 19 Februari 2018 tentang Kunjungan Komisi V DPR RI Pada Fasilitas Pendidikan Penerbang Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia, Tangerang – Banten.

Senin(19/2) Kunjungan Komisi V DPR-RI mengunjungi Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia dalam rangka Pembukaan Diklat dan peninjauan fasilitas pendidikan di kampus STPI. Rombongan Sebanyak 20 orang tiba di STPI pukul 14.00 WIB dengan menggunakan bus DPR RI beserta jajaran Kementerian dan Badan Pengembangan SDM Perhubungan. Adapun anggota Komisi V DPR RI yang hadir yaitu Ir. Fary Djemy Francis, M.MA selaku Ketua Komisi V, H. Muhidin M. Said, SE, MBA wakil Ketua Komisi V, beserta jajarannya. Turut hadir juga dalam acara siang hari ini Kepala Badan Pengembangan SDM Perhubungan Dr. Ir. Djoko Sasono, M.Sc (Eng), dan Pimpinan Lion Group.

Rombongan langsung menuju Taman Inspirasi STPI disambut oleh Ketua STPI, Kepala PUSBANG Perhubungan Udara, Kepala Bandar Udara Budiarto, Pimpinan Badan SAR Nasional, serta Kepala UPT dan Kabag di lingkungan Kampus STPI. Rombongan yang hadir turut mengikuti upacara pembukaan pendidikan dan pelatihan Type Rating, ATPL & Multi Engine, dan Aviation Security.

Ketua Komisi V DPR RI Ir. Fary Djemy Francis, M.MA menjadi Inspektur upacara pada kesempatan ini. Dalam pidatonya beliau menyampaikan harapannya terhadap lulusan Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia agar bisa bersaing di pasar industri penerbangan. “Lulusan STPI diberikan privileges pelatihan secara gratis oleh pemerintah. Selain kesempatan untuk pendidikan, fasilitas juga disiapkan dengan maksimal guna kecepatan dan penumbuhan kualifikasi untuk berkarir di industri aviasi” tuturnya. “STPI hadir ditengah masyarakat dengan sarana dan prasarana berstandar internasional, diharapkan dapat mencetak lulusan professional di dalam dunia penerbangan”, sambung beliau.

Selain itu, Ir. Fary Djemy Francis, M.MA melakukan penyematan tanda peserta kepada wakil dari peserta masing-masing program diklat. Diakhir upacara, Ketua STPI Capt. Novyanto Widadi, S.AP, MM melakukan penandatanganan perjanjian kerjasama antara Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia dengan Lion Group, perjanjian tersebut dimaksudkan untuk perekrutan lulusan Penerbang STPI, ditutup dengan foto bersama.

Pukul 14.30 WIB, rombongan bergerak ke Gedung Simulator untuk refresment sekaligus penyampaian paparan dari Ketua STPI Capt. Novyanto Widadi, S.AP, MM. Dalam Paparannya, Capt. Novyanto mempresentasikan mengenai sejarah berdirinya API kini menjadi STPI, profil, fasilitas pendidikan, dan program pendidikan yang dimiliki STPI hingga saat ini. Acara dilanjut dengan diskusi mengenai lulusan penerbang hingga fasilitas yang mesti ditingkatkan lagi di Kampus STPI.

Setelah menikmati jamuan, rombongan mengunjungi Simulator Boeing 737 dan Airbus A320 sebagai fasilitas terbaik yang dimiliki STPI. Para tamu undangan diberikan penjelasan mengenai instrument pesawat sekaligus diajak untuk simulasi terbang oleh Capt. Roy Nainggolan selaku instruktur penerbang di STPI menggunakan Airbus A320. Antusiasme para tamu undangan sangat terlihat pada saat mengikuti simulasi penerbangan. Diakhir acara, rombongan bergerak ke hanggar 03 untuk melihat fasilitas pesawat latih yang dimiliki STPI sebelum akhirnya meninggalkan lokasi acara pukul 15.30 WIB.

Cewama Eka Tayai

Unit Teknologi Informatika
Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia
Jl. Raya STPI Curug
phone: 021-598 2204/2205

STPI Curug