Pembekalan Oleh Ketua STPI kepada Para Mahasiswa Program Pasca Sarjana ENAC yang akan Berangkat ke Perancis –

Pembekalan Oleh Ketua STPI kepada Para Mahasiswa Program Pasca Sarjana ENAC yang akan Berangkat ke Perancis

Posted by

enac-2

Curug – Setelah melalui proses yang cukup lama yaitu sejak tahapan Seleksi yang dimulai Januari 2017 lalu, akhirnya pemberangkatan mahasiswa Program Pascasarjana Advance Master Programme beasiswa Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia ke Ecole Nationale de l’Aviation Civile (ENAC) di Toulouse Perancis dapat dilaksanakan. Pada Senin sore (18/09) kemarin, Ketua STPI Capt. Nov Yanto Widadi SAP, MM berkesempatan memberikan pembekalan dan wejangan kepada para mahasiswa yang terdiri dari staf pengajar dari STPI dan Pusat Pengembangan SDM Perhubungan Udara. Dalam kesempatan tersebut, Novyanto menegaskan perlunya pembentukan karakter Safety Management System bagi kader – kader transportasi yang dimulai dari sekolah sekolah di bawah BPSDM Perhubungan. Program pascarjana yang bekerja sama dengan ENAC ini sangat berkaitan dengan tujuan tersebut karena staf pengajar yang dikirim akan berkecimpung dengan disiplin ilmu yang terkait dengan Safety Management in Aviation, sehingga diharapkan setelah mereka kembali, linearitas keilmuan tersebut dapat diterapkan di Kampus STPI Curug untuk membentuk karakter lulusan yang safety minded.
Dalam kesempatan yang sama, laporan pemberangkatan peserta disampaikan oleh Kepala Bagian Administrasi Akademik dan Ketarunaan, Suyatmo, SPd, ST, MT. Berdasarkan laporan tersebut, Suyatmo menyampaikan tahapan kegiatan mulai dari proses Seleksi sampai dengan Pemberangkatan. Visa studi telah diterbitkan oleh Kedutaan Besar Perancis pada Kamis (14/09) sedangkan izin dari Kementerian Perhubungan dan Sekretariat Negara telah keluar sejak beberapa hari sebelumnya. Rencananya keberangkatan akan dilakukan pada Minggu 24/09, selanjutnya mahasiswa akan melakukan proses administrastif mulai 25/09 di Kampus ENAC Toulouse dan kuliah akan dimulai pada 2 Oktober 2017. Selama 6 bulan berikutnya, mahasiswa akan mendapatkan materi pada semester 1 secara full class sampai dengan Maret.2018. Kegiatan pendidikan dilanjutkan dengan Internship (magang) yang direncanakan akan dilakukan masih di luar negeri pada instansi yabg sesuai dengan program pendidikan, serta Thesis Fighting (Ujian Thesis). Keseluruhan program diharapkan dapat diselesaikan oleh mahasiswa pada bulan September 2018 termasuk wisuda.
Mahasiswa yang diberangkatkan terdiri dari Ahmad Bahrawi, SE, MT, Ichyu Machmiyana, S.ST dan Gilang Trio Putra, S.ST.

Ahmad Bahrawi, 37 tahun, yang akrab dipanggil dengan Awi adalah PNS yang menjabat posisi struktural Eselon III sebagai Kepala Bidang Pelatihan di Pusat Pengembangan SDM Perhubungan Udara. Sementara itu Ichyu Machmiyana, 29 tahun dan Gilang Trio Putra, 27 tahun adalah Pengajar Tetap Jurusan Keselamatan Penerbangan STPI Curug. Mewakili rekan – rekannya, Awi mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang sebesar – besarnya kepada Ketua STPI dan jajarannya yang telah memberikan kesempatan belajar kepada mereka dan memohon dukungan yang terus menerus sehingga saat kembali ke kampus dapat membawa oleh – oleh berupa kesuksesan belajar yang dapat memberikan dampak positif terhadap kampus STPI dan dunia penerbangan secara umum.

enac-1
Dalam wejangan tambahannya, Ketua STPI menyatakan akan tetap memberikan dukungan yang optimal terhadap peningkatan kualitas Tenaga Pendidik STPI melalui program sejenis di tahun depan. Penganggaran kegiatan di tahun 2018, salah satunya adalah memprioritaskan kontinyunitas program sejenis dan eksisting ini sehingga tetap berkelanjutan. Menutup pembekalannya, Novyanto menekankan agar semangat belajar dan semangant survival tetap harus dijaga, selalu berkomunikasi dengan keluarga dan juga dengan dinas. Semoga Allah yang Maha Kuasa memberikan kemudahan dan kelancaran.

 

(Narasumber : Wira Gauthama)

STPI Curug