DEKLARASI GERAKAN NASIONAL PEMBENTUKAN KARAKTER NAWACITA SDM KEAMANAN PENERBANGAN INDONESIA DI KAMPUS STPI CURUG –

DEKLARASI GERAKAN NASIONAL PEMBENTUKAN KARAKTER NAWACITA SDM KEAMANAN PENERBANGAN INDONESIA DI KAMPUS STPI CURUG

Posted by
Kepala Pusat Pengembangan SDM Perhubungan Udara, M. Basuki Mardianto, dan Direktur Keamanan Penerbangan, M Nasir Usman, bersama para stake holder keamanan penerbangan nasional yang terdiri dari Pemerintah, BUMN, Swasta, unsur TNI-POLRI serta segenap civitas akademika Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI) mencanangkan Deklarasi Pembentukan Karakter Nawacita SDM Keamanan Penerbangan Indonesia di Kampus Penerbangan Curug, Senin, 20 Februari 2017.
img-20170220-wa073
Deklarasi Pembentukan Karakter Nawacita SDM Keamanan Penerbangan Indonesia dilaksanakan dalam acara Pembukaan Diklat  PK-BLU STPI yang diikuti 380 siswa Diklat Basic Aviation Security Angkatan Ke-13 (PT. ANGKASA PURA 2 dan TNI ANGKATAN DARAT); Diklat Basic PKP-PK Angkatan Ke-21 (PT. Angkasa Pura 2 dan TNI Angkatan Darat); Diklat Junior Apron Movement Control Angkatan Ke-5 (PT. Angkasa Pura 2); Diklat TCC Fasilitas Sisi Udara Angkatan Ke-1 (PT. Angkasa Pura 2); Diklat Junior Aviation Security Angkatan Ke-3 (Angkasa Pura Solution) dan Diklat Area Control Surveillance/Acc Radar Angkatan Ke-12 (Perum LPPNPI).
img-20170220-wa072
img-20170220-wa071
Kepala Pusat Pengembangan SDM Perhubungan Udara selaku Inspektur Upacara membacakan sambutan Kepala Badan Pengembangan SDM Perhubungan menekankan bahwa    Penyelenggaran kegiatan ini juga diharapkan dapat menimbulkan dampak terhadap penguatan integritas bangsa melalui internalisasi nilai-nilai kejuangan, kebangsaan dan patriotisme serta pelayanan masyarakat. Dan dalam rangka mendukung program prioritas Nawacita pemerintah, khususnya yang terkait dengan revolusi mental, difokuskan pada penguatan soft competence para personil penerbangan agar memiliki sikap perilaku yang berkarakter melayani, berdisiplin tinggi, dapat menjadi suri tauladan di tempat kerja dan di lingkungan masyarakat dan mampu menyesuaikan diri terhadap perubahan yang berlaku.
Berbagai upaya untuk mendukung dan meningkatkan kemampuan serta kualitas sekolah di lingkungan BPSDM Perhubungan dalam rangka mencetak lulusan yang memiliki keunggulan dalam kompetensi dan sikap, terus-menerus dilakukan melalui peningkatan kemampuan dan pengetahuan para dosen, instruktur, penyempurnaan kurikulum, sarana dan prasarana pendidikan, pelatihan dengan standar internasional, serta perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
Direktur Keamanan Penerbangan dalam sambutannya menekankan bahwa  pendidikan dan pelatihan merupakan salah satu tolak ukur dan indikator kualitas pelayanan keamanan dan keselamatan penerbangan di Indonesia. Diharapkan proses pendidikan dan pelatihan sebagai Pembentukan Karakter Nawacita SDM Keamanan Penerbangan Indonesia merupakan proses ubah pengetahuan, ketrampilan dan perilaku yang pada akhirnya mampu menjalankan visi Safety, Security, Services, and Compliance (3S + 1C). Pada kesempatan yang sama Direktur Keamanan Penerbangan menyampaikan terima kasih kepada Badan Pengembangan SDM Perhubungan atas inisiatif Pembentukan Karakter Nawacita SDM Keamanan Penerbangan Indonesia dalam pelaksanaan Pendidikan dan Pelatihan Keamanan Penerbangan dengan menambahkan muatan soft competencies disamping aturan standar minimal yang telah ditetapkan oleh pemerintah berupa penanaman wawasan kebangsaan, bela negara dan hospitality program.
img-20170220-wa075
Setelah pelaksanaan Upacara Pembukaan Diklat dan Deklarasi, Kepala Pusat Pengembangan SDM Perhubungan Udara bersama Direktur Keamanan Penerbangan beserta tamu undangan dan segenap civitas akademika STPI melanjutkan dengan giat penanaman 1000 pohon di linkungan Kampus STPI dan sekitarnya sebagai bentuk wujud syukur dan upaya nyata mendukung program green campus.
img-20170220-wa074
Rangkaian acara diakhiri dengan Kuliah Umum Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara oleh Kolonel Nugroho Nusantara dari Mabes TNI-AU yang dalam kuliahnya menekankan bahwa pentingnya pemahaman kepada segenap warga negara untuk dapat membantu proses perubahan karakter bangsa Indonesia menuju yang lebih baik melalui upaya penanaman, penghayatan, dan pengamalan nilai-nilai bela negara kepada masyarakat Indonesia khususnya pada peserta diklat dan segenap civitas akademika yang diharapkan mampu berpartisipasi sebagai kader bela negara di lingkungan tempat bekerja dan di lingkungan masyarakat sehingga NAWACITA yang merupakan bagian dan tujuan nasional dapat terwujud.‎
img-20170220-wa068

STPI Curug